Total Tayangan Laman

Jumat, 18 Maret 2011

Biologi Ilmu Kehidupan

Alam

Alam diciptakan untuk manusia, bukan sekedar tempat tinggal, tapi untuk belajar darinya. Alam takambang jadi guru (falsafah Minang). Hampir semua hal yang dibuat manusia, diperoleh dari alam.

Biologi

Dari sekolah menengah pertama sudah ditanamkan bahwa Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Tetapi sebenarnya lebih dalam daripada sekedar mempelajari makhluk hidup, karena Biologi adalah ilmu tentang hidup dan kehidupan. Hal sekecil apapun yang terjadi di alam, semuanya adalah inspirasi untuk manusia.

Lihat saja sel kecil yang ketika terpapar lingkungan luar bahkan hanya dalam hitungan menit akan megap-megap dan mati. Tetapi ketika dulu berjuang membuahi sel telur, dengan gigihnya bersaing menembus lapisan demi lapisan untuk memecahkan “cangkang” dan berkembang menjadi janin. Janin itu pun masih berjuang bertahan dalam ruang sempit yang namanya rahim. Tidak cukup sampai di situ, masih harus berjuang agar terlahir ke dunia dengan selamat, menyelamatkan dirinya, menyelamatkan ibunya dan menyelamatkan garis keturunan ayahnya. Bayi juga berjuang menjadi anak kecil, dan anak kecil yang keras kepala pun berusaha menjadi remaja untuk selanjutnya dewasa. Setelah dewasa jadi pemalas seperti ini, lupa bahwa dulu dirinya berasal dari sel sperma mungil yang luar biasa perjuangannya dan sel telur yang tak kenal lelah walaupun luruh waktu demi waktu.

_Ingatlah : Allah dipatuhi dengan ilmu­_

Lovely Jogja, Wed Nite/March 16th 2011

published also in :

facebook.com/yunriska.rona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar